Antisipasi Bencana Banjir, Korem 044/Gapo Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam

Palembang, ZonaSumsel.com,- Memasuki musim penghujan, Korem 044/Garuda Dempo melakukan antisipasi tanggap darurat dengan menggelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal), hari ini merupakan hari ketiga pelaksanaan latihan yang sebelumnya para peserta latihan telah menerima pembekalan materi, dan hari ini dilanjutkan materi simulasi TFG (Tactical Floor Game) yang langsung disampaikan oleh Kasiops Korem 044/Gapo Letkol Inf Andik Siswanto, S.IP. di komplek Kantor BPBD Prov. Sumsel Palembang, Kamis (29/11/2018).

TFG adalah mensimulasikan pergerakan unsur-unsur pasukan beserta perlengkapannya yang terlibat dalam penanggulangan bencana diatas peta seperti operasi yang sebenarnya dan hanya diikuti oleh para Komandan unit. “Tactical Floor Game” merupakan kegiatan pengujian konsep Rencana Operasi (RO) kepada seluruh satuan yang terlibat dalam operasi penanggulangan bencana. Pelaksanaan uji konsep RO, yang disimulasikan dengan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab unsur-unsur yang terlibat dalam operasi penanggulangan bencana, diantaranya mulai dari embarkasi materiil dan personel, penanggulangan bencana banjir, evakuasi korban, penanganan pengungsi dan pendistribusian bantuan,” papar Kasiops.

Selain itu, disela-sela kegiatan latihan, Kasiops Korem 044/Gapo Letkol Inf Andik Siswanto, S.IP. juga menyampaikan, keterlibatan prajurit TNI dalam penanggulangan bencana alam sangat dibutuhkan, karena sebagai alat pertahanan negara, TNI tidak hanya bertugas menjaga kedaulatan negara, tapi juga melindungi masyarakat. “Sebagaimana yang telah diamanatkan dalam Undang Undang Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa fungsi TNI dalam pasal 7 diantaranya membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan,” tegas Letkol Andik.

Selesai mengikuti materi TFG, seluruh peserta melaksanakan drill taktis / praktek langsung menggunakan alat perlengkapan yang biasa digunakan dalam penanggulangan bencana banjir, dengan kegiatan meliputi embarkasi materiil dan personel, penanggulangan bencana banjir, evakuasi korban baik yang meninggal maupun luka, penanganan pengungsi dan pendistribusian bantuan bertempat di komplek danau OPI Jakabaring Palembang. (Rudi)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: