Peringati Hari Amal Bakti, Kemenag Sumsel Bantu 14 Panti Asuhan

Palembang. ZonaSumsel.com,- Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sumsel menggelar anjangsana ke 14 panti asuhan di Kota Palembang dalam rangka peringatan HAB Kemenag ke-73 tanggal 5 Januari 2019.

Kunjungan ke panti asuhan tersebut digelar secara serentak pada Sabtu (5/1) dengan dilepas ketua DWP Kanwil Kemenag Sumsel Hj. Ekawati Fajri di Halaman Kanwil Kemenag Sumsel.

Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi diwakili Kepala Bagian Tata Usaha H. Abadil menjelaskan, dalam rangka peringatan HAB ke-73 tahun 2019 ini, Kanwil Kemenag Sumsel memang menggelar beberapa kegiatan sosial dan perlombaan.

Beberapa yang sudah dilaksanakan antara lain donor darah pada 18 Desember 2018 lalu, lomba tumpeng pempek pada 22 Desember, khitanan massal pada 27 Desember, bedah rumah pada 27 Desember, pembangunan masjid pada 27 Desember, dan upacara HAB di Griya Agung pada 3 Januari 2019 lalu.

“Alhamdulilah pada hari ini kita akan melakukan anjangsana ke 14 panti asuhan yang ada di Kota Palembang. Ini merupakan wujud kepedulian kita terhadap mereka yang membutuhkan. Hari ulang tahun Kemenag yang disebut Hari Amal Bhakti (HAB) memiliki makna filosofis yang mendalam. Di hari ulang tahun, warga Kemenag diminta untuk banyak melakukan banyak amal dan kebaktian. Apa yang kita lakukan hari ini merupakan wujud dari amal bhakti tersebut.

Bantuan atau sodaqoh yang kita berikan kepada mereka yang membutuhkan akan membuat orangtua kita atau para pendahulu kita menjadi bangga. Untuk itu, mari kita lestarikan kegiatan-kegiatan seperti ini, bukan hanya pada saat HAB,” pesan Abadil saat menyampaikan sambutan.

Ketua Panitia Anjangsana Deni Priansyah dalam laporannya menyatakan, 14 panti asuhan yang dikunjungi adalah Panti Asuhan Khusnuzhon di Kecamatan Ilir Barat I, Panti Asuhan Asyafat di Kecamatan Kertapati, Panti Asuhan Nyimas Ayu Pembayun di Kecamatan Jakabaring, Panti Asuhan al Amin di Kecamatan Seberang Ulu II, Panti Asuhan Nurani di Kecamatan Ilir Barat I, Panti Asuhan al Firdaus di Kecamatan Ilir Barat II, Panti Asuhan Ya Waliyu di Kecamatan Sukarami, Panti Asuhan Amanah di Kecamatan Bukit Kecil.

Kemudian Panti Asuhan Fatohan di Kecamatan Ilir Barat 1, Panti Asuhan Darul Aitam di Kecamatan Seberang Ulu II, Panti Asuhan Siti Balqis d Kecamatan Sako, Panti Asuhan Baitul Rahman Rantau di Kecamatan Kemuning, Panti Asuhan ar Rohim di Kecamatan Alang-Alang Lebar, dan Panti Asuhan Fisabilillah al Amin di Kecamatan Ilir Timur II.

“Selain Dharma Wanita, kegiatan ini juga melibatkan seluruh Kepala Bidang, Pembimas, serta pejabat di Lingkungan Kanwil dan Kemenag Kota Palembang. Di setiap panti asuhan yang kita kunjungi, kita memberikan paket bantuan berupa 200 kg beras, 10 kg gula pasir, 10 kg tepung terigu, 10 liter minyak goreng, 10 kaleng susu kental manis, 10 botol sirup, dan 10 duz mie instan,” jelas Deni.

Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumsel Ekawati Fajri ditemui usai pelepasan, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat sehingga kegiatan anjangsana bisa berjalan lancar dan sukses. Menurut Ekawati, kegiatan ini memang rutin digelar setiap kali peringatan Hari Amal Bhakti. “Alhamdulillah pada tahun ini kita bisa memberikan lebih banyak bantuan kepada lebih banyak panti asuhan.

Mudah-mudahan amal jariah bapak/ibu sekalian diterima dan diridhoi Allah SWT,” harap Ekawati.

Sementara itu, Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sumsel H. Saefudin menambahkan, selain anjangsana, beberapa kegiatan masih akan digelar dalam rangka HAB ke-73 di Sumsel. Pada 6 Januari besok akan digelar Jalan Sehat Kerukunan mulai pukul 06.00 WIB dengan mengambil start di Kanwil Kemenag Sumsel dan dilepas Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

Hadiah yang disediakan bagi peserta jalan sehat antara lain lima sepeda motor, puluhan kulkas, sepeda, kipas angin, kompor gas, mesin cuci, televisi, magic com, dan kitchen set.

“Selain jalan sehat kerukunan, masih ada beberapa kegiatan lain yang digelar yakni Lomba Marawis Pelajar, Lomba Tahfizul Quran, Lomba al Barzanji DWP, dan Bazar pada tanggal 7 dan 8 Januari,” tuntas Saefudin. (Andre)

%d bloggers like this: