Terkait ijin Amdal PTC, Walikota Palembang belum mengetahuinya

Palembang, ZonaSumsel.com.- Carut marut izin lingkungan mall dan hotel di Palembang ternyata bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, saat ini bangunan SOMA yang sudah lama berdiri ternyata pengajuan izin limbahnya baru diajukan pada 1 Oktober 2018. Begitulah dengan Lottemart dan PTC Mall sampai saat ini izin limbah cairnya belum ada.

Walikota Palembang H. Harnojoyo S.sos belum mengetahui kalau PTC Mall belum memiliki Ijin Amdal, hal ini disampaikanya ketika diwawancarai oleh Wartawan Koran ini ‘ belum saya belum mengetahui kalau PTC Mall belum memiliki ijin Amdal’ nanti lah nanti saya tanya dulu ke dinas terkait yaitu DLHK Kota Palembang baru nanti akan kita rapatkan dan kita panggil pihak- pihak terkait. Jelasnya sambil terburu-buru

Kepala DLHK Kota Faizal. AR Palembang ketika dihubungi via Whats Upsnya mengatakan saat ini saya sedang berada di semarang, tapi setahu saya sudah ada ijin amdal PTC sejak lama. Yang tidak ada itu Lotte Mart. Jelasnya

Sedangkan Soma ( Social Market) memang baru tanggal 1 Oktober 2018 ini baru mengajukan dokumen amdalnya, tapi bangunanya sudah berdiri semenjak 2017 yang lalu. Ujarnya

Kabid Pengendalian, Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang Henny Kurniawati mengatakan, untuk Soma saat ini masih proses pengajuan izin limbah cair. Mereka sudah punya IPAL, sudah 3 bulan uji sampling. “Untuk SOMA juga baru pengajuan limbah cair. Pengajuannya 1 Oktober lalu, ” ujarnya saat diwawancarai diruang kerjanya, Selasa (23/10/2018).

Untuk masalah PTC, itu sudah ada Amdalnya walaupun menyatu dengan Hotel Novotel.
“Satu kawasan boleh satu amdal. Tapi air limbahnya cuma satu. Kita tidak ada main mata dengan PTC. Di PTC perizinan limbah cair, IPAL dia punya. Kami berharap mall bukan cuma dokumen. Tapi ada realisasi dalam menjaga lingkungan,” bebernya.

Henny mengungkapkan, pihaknya setiap tahun selalu melakukan pengecekan lingkungan mall dn hotel.

” Dokumen izin lingkungan yang dibuat untuk dilaksanakan. Mungkin pelaksanaan kurang, kita melakukan pentauan minimal setahun sekali. Untuk PTC sudah kami datangi awal tahun ini, ” katanya.

Dari pantauan di PTC mall, lanjut Henny, mereka punya dokumen Amdal, mereka punya pengelolaan air limbah. Kami lihat ipalnya, pemenuhan baku mutu.

“Sejauh ini terakhir ke situ memenuhi standar. Kami perlu masukan masyarakat untuk memantau lingkungan di mall dan hotel. Untuk Novotel dan PTC itu beda IPAL-nya, ” tandasnya.

Henny menambahkn, untuk izin limbah cair Lottemart belum ada. Padahal walaupun satu kawasan dengan PTC dan Novotel, izin limbah cair harus masing-masing. Pungkasnya. (Andre)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: