Tingkatkan Sinergitas Antar Unsur, Korem 044/Gapo Gelar Latihan Gulbencal

Palembang. ZonaSumsel.com,- Curah hujan yang cukup tinggi, mengakibatkan bencana banjir di beberapa wilayah Sumatera Selatan, termonitor banjir parah terjadi di Desa Sungai Kedukan Kec. Rambutan Kab. Banyuasin yang mengakibatkan rumah warga dan berbagai fasilitas umum rusak, selain itu dilaporkan juga terdapat korban jiwa yaitu 5 orang warga terseret arus banjir, 5 orang terperangkap banjir dan 2 orang ditemukan telah meninggal dunia. Dengan situasi yang semakin parah, Pemerintah Kabupaten Banyuasin menggelar rapat koordinasi untuk menetapkan status siaga darurat bencana. Dengan ditetapkan status siaga bencana banjir tersebut, seluruh instansi terkait siaga bencana diantaranya TNI, Polri, BPBD, Basarnas, PMI, Tagana dan Dinas Pemprov dan Pemkab terkait lainnya.

Hal tersebut merupakan skenario pada puncak latihan penanggulangan bencana alam (Latgulbencal) Korem 044/Gapo materi bencana banjir yang diikuti lebih dari 250 personel dari jajaran Korem 044/Gapo, TNI AL, TNI AU, Polri, BPDB Prov. Sumsel, Basarnas Palembang dan Tagana yang dilaksanakan di Danau OPI Jakabaring Palembang, Jumat (30/11/2018).

Kepala Seksi Operasi (Kasiops) Korem 044/Gapo Letkol Inf Andik Siswanto, S.IP. selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) dalam Latgulbencal banjir Korem 044/Gapo TA 2018 ini mengatakan, latihan ini merupakan salah satu metode untuk memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiap siagaan satuan Korem 044/Gapo dalam mengantisipasi bahaya bencana alam.

“Sasarannya adalah terwujudnya suatu konsep strategis penanggulangan bencana alam dengan membangun pola kerjasama terpadu yang efektif dan efisien berupa rencana operasi penanggulangan bencana alam, yang dapat digunakan sewaktu-waktu. Dan latihan ini sebagai bekal pengetahuan untuk bertindak dan berbuat, sekaligus gambaran langkah apa saja yang harus dilaksanakan di lapangan apabila terjadi bencana alam”, terang Kasiops.

Selain itu, Letkol Inf Andik juga mengatakan, bahwa dilaksanakan latihan ini guna meningkatkan sinergitas hubungan kerja dengan pemerintah daerah dan instansi terkait dalam melaksanakan operasi bantuan melalui Pola Operasi Militer Selain Perang sesuai dengan Undang Undang RI No. 34 Tahun 2004. “Korem 044/Gapo sebagai satuan komando kewilayahan mempunyai tugas membantu pemerintah daerah dalam menangani bencana alam. Dalam latihan ini, seluruh unsur terkait kami libatkan, diharapkan mampu melaksanakan komando pengendalian dan kerjasama antar unsur yang terlibat di dalam operasi penanggulangan bencana alam banjir seperti yang kita laksanakan ini”, pungkas Letkol Andik. (Andre)

%d blogger menyukai ini: